Sabtu, 20 Oktober 2012

Kentang beserta manfaatnya



Kebanyakan anak-anak mungkin tidak menyukai sayuran. Namun berbeda dengan sayuran yang satu ini. Ya, kentang. Kebanyakan anak sangat menyukai sayuran yang satu ini. Dibalik semua itu, manfaat kentang untuk kesehatan pun sangat banyak.

    Bernama latin Solanum Tuberosum, sayuran yang satu ini diketahui memiliki karbohidrat dan kalori. Selain itu, kentang juga mengandung protein. Kandungan ini sangat baik bagi mereka yang sedang menjalani diet dan menginginkan badan yang ideal.
    Kandungan vitamin C dan B komplek didalamnya membantu penyerapan karbohidrat. Kentang juga memiliki tekstur yang mudah di cerna dan dapat memperlancar pencernaan. Jadi sangat baik bagi mereka yang tidak dapat mencerna makanan keras tapi tetap memerlukan asupan energi.
    Kentang juga mengandung cukup banyak serat yang baik untuk tubuh Anda. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral pada kentang juga baik untuk kulit Anda. Kentang sangat baik dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit akibat kekurangan vitamin C.
    Anda yang punya rematik, bisa mencoba mengkonsumsi kentang. Kandungan vitamin, kalsium dan magnesium di dalamnya membantu mengobati penyakit rematik. Kentang juga sangat efektif untuk mengobati peradangan, seperti peradangan usus dan sistem pencernaan.
    Sayuran ini juga dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh ketegangan, gangguan pencernaan dan sebagainya. Serat didalamnya akan bantu turunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh.
    Untuk kebutuhan nutrisi otak, kentang pun memiliki hampir seluruh kebutuhan tersebut. Dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, kentang dalam mempertahankan glukosa dalam darah agar otak tidak mengalami kelelahan dan menjadikannya tetap aktif.
    Selain itu, kentang juga mengandung zat besi yang dapat membantu peredaran oksigen hingga ke otak. Kandungan fospor dan seng dalam kentang juga sangat baik untuk otak. Kentang juga mengandung zat karotenoid yang baik untuk jantung dan organ internal lainnya.
    Kentang juga kaya akan magnesium yang mampu mengatasi pengendapan kalsium pada ginjal atau jaringan lainnya. Kentang juga baik untuk mereka yang menderita diare karena sangat mudah dicerna dan mengandung serat yang tinggi.
    Jadi, dengan segudang manfaat kentang untuk kesehatan jangan ragu lagi untuk mengkonsumsinya. Kentang juga dapat dijadikan makanan pokok pengganti nasi.

Sumber : Melindahospital.com

0 komentar:

Posting Komentar